PENDAKIAN GUNUNG KELUD VIA TULUNGREJO, BLITAR


Pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo, Blitar


Sumber Jelajahindo1.blogspot.com

Pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo, Blitar. Gunung Kelud merupakan sala satu Gunung aktif di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini terletak pada Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Kediri. Gunung Kelud memiliki ketinggian 1.731 m. Gunung Kelud meletis terakhir pada tahun 2014, dan banyak yang terkena dampak dari letusannya, mulai dari yang terkena bencana abu vulkanik, lahar panas, lahar dingin, hujan kerikil, dan yang lain sebagainya. Tapi dibalik letusannya yang dahsyat, Gunung Kelud memiliki pemandagan alam yang tak kalah luar biasanya dengan Gunung yang lain.

Dari Blitar sendiri  terdapat dua jalur pendakian Gunung Kelud yaitu
-          Pendakian via Tulungrejo, Gandusari
-          Pendakian via Karangrejo, Garum

Jalan menuju Posko Pendakian Gunung Kelud
-          Jika anda menggunakan kendaraan umum seperti Kereta api, dan Bus anda dapat berhenti di Wlingi ( Stasiun Wlingi ). Setelah sampai di Wlingi anda dapat melanjutkan perjalan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum menuju Desa Tulungrejo, biasanya untuk angkutan umum hanya sampai Desa Semen, dan untuk melanjutkan perjalanan anda dapat mencari ojek dan minta diantarkan di Desa Tulungrejo.

-          Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat langsung menuju ke Desa Tulungrejo. Jika anda dari arah utara seperti, Batu, Malang, Kediri dan yang lainnya anda dapat lewat jalan menuju Blitar lewat Pujon. Jika anda dari arah selatan seperti, Malang, Tulungagung, dan yang lain sebagainya jalan yang digunakan sama seperti yang saya jelaskan diatas, yaitu Wlingi. Untuk lebih lengkap rute jalan menuju Pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo anda dapat membuka peta dibawah ini.

Rute pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo



Setelah anda sampai pada Desa Tulungrejo anda dapat langsung menuju ke Posko Pendakian. Dari pertigaan Masjid Miftahul Jannah Tulungrejo anda belok kiri (dari arah selatan ), anda belok kanan ( dari arah utara ).

Proses Registrasi dan Pendakian Gunung Kelud

-          Anda dapat langsung Registrasi di tempat yang telah disediakan, dengan registrasi anda dapat perolehan izin naik Gunung Kelud secara resmi. Untuk biaya masuk serta parkir sepeda motor dikenaka tarif yang dapat dijangkau karena relatif murah. Jangan lupa untuk membawa KTP, STNK kendaraan dan atau surat pengenalan diri yang lainya. Biaya yang harus dibayarkan meliputi Asuransi kesehatan selama naik, parkir, ojek. Unuk ojek hanya berlaku untuk pengantaran menuju titik awal. Yang harus disiapkan cukup banyak, seperti yang wajib air mineral, makanan, jaket, senter, obat – obat pribadi, dan jika anda rencana Camp tentunya yang wajib adalah tenda, peralatan Camp, makanan, dan hal yang lainnya.

-          Setelah registrasi bisa langsung naik atau bisa istirahat dahulu. Terdapat beberapa pos untuk istirahat, tempatnya bersih, terdapat karpet yang nyaman dan tentunya dengan udara terbuka segar.

-          Istirahat cukup langsung minta ojek untuk menghantarkan ke titik awal Pendakian, tidak terlalu banyak memakan waktu cukup 5 menit sudah sampai titik awal pendakian. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Hutan Pinus Loji yang subur, rindang, dan sangat segar.

-          Setelah sampai dititik awal Pendakian, anda akan berjalan sampai di Pos I, perjalanan yang menyenangkan baru dimulai. Dikelilingi pohon Pinus, rerumputan jalan setapak yang landai. Ketika sudah mendektai Pos I jalan mulai menanjak dan harus hati – hati. Pos I merupakan Pos yang pertama, dan disini terdapat tempat untuk istirahat yang cukup baik, tapi beralaskan tanah. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Pos I. Untuk yang sudah sering mendaki pasti kurang dari waktu itu.

-          Jalan menuju Pos II sudah muli menanjak, jalan yang semula landai menjadi menanjak. Dikelilingi oleh pohon – pohon yang besar, rindang, dan banyak sekali tumbuh – tumbuhan liar. Harus ekstra berhati – hati, ketika hujan ada lintah yang kapan saja menempel pada kulit anda jadi dipersiapkan agar tidak terkena lintah. Semakin tinggi tempatnya maka udaranya semakin sejuk, dan bahkan dingin. Pemandanganya sudah mulai terlihat dan sangat menakjubkan sekali. Di Pos II hanyalah Pos bayangan yang tanpa ada Pos namun hanya bertuliskan Pos II, tempatnyacukup untuk istirahat. Untuk ke Pos II dari Pos I membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam, karena jalan yang menanjak mungkin perlu banyak waktu untuk istirahat.

-          Jalan menuju Pos III jalannya menanjak dan kemudian melandai. Dari pepohonan yang rindang menjadi pepohonan yang jarang, dan banyak sekali rumput ilalang yang tingi – tinggi dan lebat sekali. Dari perjalanan ini saja anda bisa melihat indahnya Blitar dari ketinggian. Setelah sampai di Pos III, anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa, anda dapat melihat Kota Batu, sebagian wilayah Blitar, Waduk Selorejo dan yang lainya. Karena ini adalah Pos terakhir dan jalan berikutnya rumayan sulit, maka dianjurkan untuk Camp disini. Ketika malam hari suasana sejuk, indahnya gemerlap Bintang, dan Gemerlapnya lampu dari berbagai daerah terlihat menawan.

Proses menuju Kawah Gunung kelud

-          Anda hanya perlu membawa bekal makanan, dan minum yang cukup karena jalan yang rumayan sulit akan dilewati. Jalan ini dikenal dengan Punggung Naga, karena jalan setapak hanyalah kurang lebih 1 meter lebarnya dan ber lengkung – lengkung seperti punggunag Naga. Anda harus berhati – hati, rumput ilalang yang lebat bisa anda gunakan sebagai pegangan. Setelah sampai diakhir punggung Naga, anda harus mendaki. Bebatuan besar yang harus anda lewati, tapi tenang karena sudah ada seling sebagai pegangan dan sudah ada bekas jalan yang dapat anda lewati. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

-          Anda akan melihat hamparan lautan pasir yang bergelombang sejauh kurang lebih 500 meter. Dari sini anda bisa menuju ke puncak tertinggi Gunung Kelud jiak berani, dan atau menuju ke Puncak yang ada di sebelah selatan yang Jalanya cukup mudah dibanding dengan puncak tertinggi, karena harus ekstra berani, dan ada peralatan yang mendukung.

-          Langsung menuju Kawah Gunung Kelud, jalanya hanya naik turun sedan sedikit landai, tidak banyak tumbuhan yang tumbuh disini. Perjalanan membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

-          Sampai Kawah Gunung Kelud, pemandanag yang mungkin baru di sebagian kalangan. Anda melihat indahnya pemandangan, wisata Kelud kediri, dan yang lainya, perlu anda ketahui jangan menepi – nepi di pinggiran karena sangat dalam.

Foto tentang perjalanan dan keindahan alam anda dapat melihat selengkapnya di bawah sini

Info Pendakian Kelud Via Tulingrejo, anda dapat menghubungi :
Budi  +62 815 5533 4884
Agung  +62 857 6312 1943
BC Pendakian  +62 858 5756 8470



0 Response to "PENDAKIAN GUNUNG KELUD VIA TULUNGREJO, BLITAR"

Post a Comment