DESA WISATA TULUNGREJO


DESA WISATA TULUNGREJO

Selamat datang kembali di Jelajahindo1.blogspot.com
Sumber Jelajahindo1.blogspot.com



Setelah beberapa jam kita gak bertemu, ok dan kali ini aku akan ngajak kalin membahas atau aku jelaskan tentang Desa Tulungrejo.

Desa tulungrejo
Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Terletak pada lereng Gunung Kelud dan hampir perbatasan antara Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Malang. Penduduknya banyak, terdapat beberapa RT, dan beberapa bagian wilayah. Tulungrejo terletak pada urutan Desa no 2 dari utara yakni Desa Krisik, Desa Tulungrejo berarti memang dekat dengan perbatasan Kabupaten. Beragam jenis pekerjaan terdapat disini, dan penduduk sangat akrab dengan warga yang lain.

Lokasi
Terletak pada Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, dengan kode pos 66187.

Peta Desa Tulungrejo



Wilayah
Terdapat empat wilayah di Desa Tulungrejo, yakni
·         Tulungrejo
·         Celeng
·         Sumbergondo
·         Bantaran
Dengan setiap wilayah yang luas dan sangat subur. Dan dibeberapa bagian wilayah memang terdiri banyak dari wilayah perhutani dan perkebunan. Tapi dengan wilayah yang subur dan makmur menjadikan di setiap wilayah semakin baik.

Keelokan disetiap masing – masing wilayah
·         Tulungrejo
Merupakan bagaian pusat dari Desa Tulungrejo, terletak pada jalur utama jalan raya menuju Malang. Terdapat wisata Pendakian Gunung Kelud dibagian utara, Penambangan Pasir dibagian timur. Terdapat 1 Masjid dan sekitar 7 Mushola yang layak dan baik kondisinya, 1 Gereja, 1 SDN, 1 TK, 1 Paud, 1 Kantor Desa, 1 SMP PGRI, SMK PGRI, 1 TPU. Penduduknya sangat ramah dan saling akrab. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, peternak, dan penambang pasir.

·         Celeng
Merupakan bagian disebelah timur dari wilayah Tulungrejo, wilayahnya yang luas dan berada pada ketinggian menjadikan tempat ini sejuk dan banyak warga tinggal disini. Memiliki 1 SDN, 1 TK, 1 Masjid, dan banyak Mushola, 1 TPU. Mayoritas penduduk di Celeng bekerja sebagai petani, dan peternak. Mulai dari peternak kambing, sapi, dan yang lain sebagainya. Dan tak jarang juga yang bekerja sebagai Penyadap Getah Pinus.

·         Sumbergondo
Merupakan wilayah bagian paling timur yaitu sebelah timurnya wilayah Celeng. Keadaan di wilayah Sumbergondo sangat sejuk, karena masih asri. Mulai dari banyak pojon Damar, Pinus, Mahoni dan yang lainnya. Terdapat beberapa Mushola, 1 Sanggar. Wilayahnya sangat cocok untuk digunakan sebagai bertani karena tanah yang subur dan masih asri. Penduduknya sebagian besar bekerja sebagai peternak, petani, dan beberapa Penyadap Getah Pohon. Hewan ternaknya pun hampir sama dengan wilayah Tulungrejo yang lain.

·         Bantaran
Merupakan wilayah Tulungrejo bagiaan paling selatan dan barat. Wilayah yang satu ini berbeda dengan wilayah yang lain karena, terdapat Kebut Teh yang sangat luas, Kebut Kopi, Kebun Cengeh, dan beberapa bagian yang dijadikan Kebun Jeruk, dan Rest Area, memiliki 1 SDN,1 TK, 1 Masjid, dan bangunan yang lainnya. Mayoritas penduduk di wilayah Bantaran bekerja sebagai Buruh Pertanian Teh, karena satu – satunya Desa di kecamatan Gandusari  yang terdapat Kebuh Teh. Produk Tehnya pun di jual di luar Kota.

Jenis – Jenis pekerjaan
Buruh tani, Peternak, penambang pasir, dan yang lainnya.

Beragam hal di Desa Tulungrejo
·         Sering dijadikan pilihan oleh Mahasiswa KKN
·         Menjadi objek Wsatawan maupun Domestik
·         Merupakan Desa yang digunakan sebagai jalur Pendakian Gunung Kelud
·         Merupakan tujuan banyak orang Penambang Pasir dari berbagai daerah dikabupaten Blitar maupun beberapa Kabupaten yang lainnya.


Sumber Jelajahindo1.blogspot.com

Kegiatan – kegiatan warga Desa Tulungrejo
Kerap kali diadakan senam irama pada hari minggu, kerja bakti, Takbir keliling, Karnaval, dan tak jarang pula kerap ada lomba Desa. Terdapat beberapa perguruan Bela Diri.


selalu updete pengetahuan tentang Petualang di


Always Dukung dan Support



0 Response to "DESA WISATA TULUNGREJO"

Post a Comment