PONDASI RUMAH LOJI


PONDASI RUMAH LOJI

Assalamualaikum Wr. Wb

Sumber Jelajahindo1.blogspot.com

Apa kabar kalian saat ini, welcome back to my blog, yeah.

Kita sekarang, eh lebih tepatnya saya sekarang membahas mengenai situ sejarah. Peninggalan dari Jaman Belanda yang berada pada Wisata Hutan Pinus Loji. Nah apakah anda sudah pernah datang kesini untuk melihat situs peninggalannya ? jika anda belum pernah datang keisni untuk melihat situspeninggalan jaman Belanda, maka tak ada salahnya jika anda mampir kesini. Ok

Situs peninggalan jaman Belanda ini kerap dikenal dengan “ Pondasi Omah Londo ”  itu jika dalam bahas jawa jika dalam bahasa indonesia yang baik dan benar maka “  Pondasi Rumah Belanda “ . oke kita akan bahas lebih lanjut.



Apa sih Pondasi itu, pondasi adalah Bangunan dasar sebelum membuat rumah, pasti anda sudah pernah melihat. Jika anda belum pernah melihat anda bisa search di google untuk mngetahuinya lebih lanjut. Pondasi adalah bagian yang wajib untuk membuat bangunan tanpa adanya pondasi maka bangunan akan sulit untuk dibangun atau dibuat, iya pastilah karena kan juga bangunan dasar jadi wajib ada. Dari namanya saja kita sudah bisa memperkirakan apa sih situs peninggalan jaman Belanda.

Ok, situs peninggalannya adalah Pondasi Omah Londo. Bangunan pondasi ini pertama ditemukan oleh warga sekitar yang tidak sengaja menemukanya di kebun miliknya. Pekerjaan yang setiap harinya berladang dan tak sengaja cangkulnya yang iya gunakan untuk menggali tanah tiba – tiba mengenai batu. Dan tak disangka ketika di dali lebih luas lagi ternya aini adalah situs peninggalan yang sangat kuno.

Terlihat dari bentuknya saja sudah menggambarkan bahwa ini adalah rumah Belanda pada masa itu, karena memang warga – warga Desa Tulungrejo percaya bahwa dulu kala ada pasukan Belanda yang tinggal di daerah Loji. Sebenarnya bukan Cuma bangunan ini saya yang pernah ditemukan oleh warga, melainkan sudah pernah ditemukan alat makan, keris, koin, sepatu kuda dan masih banyak yang lainnya.

Terletak tidak jauh dari Wisata Hutan Pinus Loji yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya Hutan Pinus Loji. Anda banya perlu menuju ke bagian barat dan mengikuti jalan lalu sebelum sampai sungai anda sudah bisa meilhat situs peninggalan jaman Belanda.

Tapi sebelum datang ke situs peninggalan jaman Balanda, anda harus meminta ijin dahulu agar bisa ditemani oleh tim pengelola Wisata Hutan Pinus Loji yang sudah lebih mengetahuinya. Karena agar aman, dan kita bisa mengetahuinya lebih lanjut. Ok

Terlihat dari bentuknya saja sudah bisa dilihat bahwa ini adlah bekas rumah yang hanya tersisa pondasinya saja. Kemudian ada bagian kamar mandi yang terletak pada bagian samping rumah, yang bentunya sangat unik. Bentunknya melengkung kebawah. Kemudian ada bagian beberapa ruangan yang belum diketahui lebih lanjut itu ruangan apa pada masa itu. Untuk luas dari bangunan ini sendiri kurang lebih 6 meter kali 5 meter.

Bagi kalian yang suka dengan petualangan atau pecinta peninggalan sejarah. Anda bisa mendatanginya kesini ya. Tidak dipungut biaya untuk mendatangi sirus peninggalan jaman Belanda ini, dan siapa pun boleh mendatanginya. Asalkan harus jaga sikap, dan omongan. Situs peninggalan jaman Belanda ini memang tergolong baru, karena masih ditemukan beberapa bulan yang lalu. Karena mungkin belum banyak dari anda yang mngetahuinya jadi situs peninggalan jaman Belanda ini masih belum ada penanganan yang lebih lanjut dari pihak yang berwanang.

0 Response to "PONDASI RUMAH LOJI"

Post a Comment